Sejalan Dengan Visi Misi, Pemkab Abdya Dukung Penuh Germas

INDONESIASATU.CO.ID:

Abdya- Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya mendukung penuh Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Pasalnya selain anjuran dari program nasional, Germas juga sesuai dengan visi misi yang digaungkan oleh pimpinan daerah saat ini (Akmal-Muslizar), salah satunya yaitu mewujudkan masyarakat Aceh Barat Daya yang sehat.

Hal ini disampaikan oleh Wabup Abdya Muslizar MT melalui Sekdakab Drs. M Thamrin dalam sambutan acara Germas, berlangsung di lapangan Pemda setempat, Sabtu (8/12/2018) pagi.

Lanjutnya, Pemda Abdya sangat berharap kegiatan Germas ini bisa menjadi momentum bagi masyarakat dalam membudayakan pola hidup sehat.

Sebagai Implementasi dari visi misi tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Abdya Safliati, S.ST.M.Kes. dalam pidato laporannya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan, serta dorongan untuk selalu berprilaku hidup sehat.

Diakui olehnya permasalahan kesehatan yang sering dihadapi saat ini semuanya disebabkan karena kebiasaan prilaku hidup yang belum sesuai dengan kaidah kesehatan. 

"Contohnya, seperti kebiasaan mengkonsumsi makanan siap saji tanpa mempertimbangkan tinggi gula garam dan lemak, serta kebiasaan buruk merokok," urainya.

Safliati mengungkap, bahwa jajarannya dengan secara aktif telah berupaya meminimalisir gambaran permasalahan tersebut melalui berbagai kegiatan yang bersifat promotif dan preventif. 

Dalam moment tersebut Safliati juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk sama-sama bersinergi melakukan pencegahan masalah gizi, khususnya masalah Stunting. Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan karena kurangnya asupan gizi dalam rentang waktu yang lama. Stunting ini berdampak pada tumbuh kembang anak, sehingga rentan terhadap segala penyakit. Hal ini sangat beresiko, karena bisa menyebakan kematian pada anak dan Balita.

Di akhir pidatonya Kadinkes Abdya menghimbau kepada seluruh masyarakat dan lintas Sektor untuk mengimplementasikan Germas dengan cara meninggalkan kebiasaan merokok, menciptakan lingkungan yang sehat melalui Sanitasi yang baik, dan memanfaatkan akses kesehatan sebagai sumber komunikasi, koordinasi, dan konsultasi menuju hidup sehat.

Hadir dalam acara ini Dandim 0110/Abdya Letkol Arm Iwan Aprianto, S.I.P., mewakili Kapolres Abdya Kabagren Kompol Sulaiman, mewakili Kejari Kasubbin H. Azwar, SH., para Asisten Setdakab, para SKPK, serta Ratusan Kader PKK Sekabupaten Abdya.

  • Whatsapp

Index Berita